Cari Data

Sihar Ramses Simatupang: Sebagaimana novel, setelah penulisnya menyibak

Seorang profesor pernah berkata, “Saya memiliki tiga minoritas. Pertama adalah agama saya (dia menyebutkan agamanya). Kedua, suku saya (dia menyebutkan latar sukunya). Ketiga, saya seorang waria. Pernyataan itu terngiang kembali di telinga saya ketika disodorkan novel karya Yonathan Rahardjo.” Setelah novel “Lanang” meraih penghargaan di Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2006, saya berharap penulis yang pernah mengenyam studi dokter hewan ini akan lebih jauh mengungkap berbagai ulah dan perilaku medis di Indonesia, bahkan di dunia. Bukan menyoal hal normatif, tapi berbicara tentang realitas sosial yang ada. Kali ini, Yonathan, lewat “Taman Api”, menyingkap fenomena kaum waria yang orang awam hanya paham di bagian permukaannya saja. Sebagaimana novel, setelah penulisnya menyibak, hasil akhir kembali diserahkan kepada pembaca...

Sihar Ramses Simatupang
Sastrawan, Pemenang Hadiah Sastra Metropoli D’Asia Khatulistiwa 2009

No comments: