Universitas Islam Negeri Jakarta: Bedah Novel Taman Api

Acara bedah buku "TAMAN API" karya Drh Yonathan Rahardjo diselenggarakan pada 18 Mei 2011 di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Ciputat yang terkenal dengan nama UIN Jakarta. Dua pembicara bedah Novel Taman Api di UIN Jakarta ini adalah Soffa Ihsan seorang Penulis dan Ahli Filsafat Hukum Islam dan Toga Tambunan seorang penyair dan salah Seorang Pendiri Paguyuban Kebudayaan Rakyat Indonesia (PAKRI).

Dalam acara dihadiri oleh berbagai kalangan mahasiswa dan masyarakat itu mereka menyampaikan pendapatnya secara langsung terhadap novel karya dokter hewan ini. "Lewat novel ini, kita makin dicelikkan up and down kisah galang gulung waria di negeri ini. Ada thriller, ada god’s spy yang bergemeretak hendak menujah keberadaan waria, sidik medik dan juga futuristik. Dengan alur tarik-ulur yang dentang debar, rasanya penulis berhasil memanggungkan teater kompleksitas rumpun “kelamin ketiga” ini," kata Soffa Ihsan.

Adapun Toga Tambunan berpendapat, ”Taman Api menggedor-gedor pembaca menyimak kekuasaan yang memerintah Indonesia dewasa ini yang berjanji akan memerangi kasus-kasus tersebut tetapi ternyata semata-mata hanya sebagai gincu bibir, rekayasa pembohongan publik, sandiwara bertujuan menyembunyikan praktek konspirasi mafia humanika, kejahatan kemanusian terhadap publik untuk segala faset kehidupan masyarakat. Taman Api menggedor-gedor kejujuran akal sehat dan hati sanubari publik pembaca, mungkinkah rezim berkuasa dan negara tidak berperan bahkan tidak tahu-menahu sindikat konspirasi mafia humanika itu?”

No comments: